70 Tahun….Alkhamdulillah…

Waktu terus berlalu.Usia merambat. Pelan tapi pasti. Tanpa terasa, hari ini 26 Januari 2009. Alkhamdulillah aku berusia 70 tahun. Banyak orang2 yang dikaruniai usia lanjut.Bahkan sampai 90 tahun atau lebih. Usia yang diberikan Tuhan (panjang atau pendek), betapapun wajib kita syukuri. Karena itu hari ini aku bersujud dihadapanMu seraya mengucap ….Syukur alkhamdulillah ya Allah…Engkau masih memberikan kesempatan kepadaku untuk menyelesaikan tugas2ku didunia ini,sebelum pada saatnya Engkau akan memanggilku untuk menghadapMu.
Tidak ada yang spesial yang kulakukan hari ini. Selain bersyukur dan

(Sketsa oleh Agus Balapulang)

(Sketsa oleh Agus Balapulang)

sekedar merenung.Mencoba bercermin.Ya… 70 tahun bukan waktu yang pendek. 840 bulan atau 25.200 hari.Entah berapa juta langkah kaki ini berjalan membawa tubuhku. Aku tak mampu menghitungnya.Aku juga tidak pernah membuat rekapitulasi,adakah nilai tambah atau justru nilai kurang,setiap aku bertambah usia.Hidup ini mengalir saja. Dan ternyata sangat banyak yang aku dapatkan dari hidupku yang panjang itu.Tetapi kalau aku harus jujur, dari sekian banyak yang kudapatkan, ternyata bukan yang aku minta. Oleh karenanya aku takut untuk membuat kalkulasi,perhitungan,apalagi neraca. Sudahlah…aku cukup bersyukur dengan apa yang sudah Tuhan berikan selama ini. Aku memang bukan orang yang gemar bercita2 yang tinggi dan muluk2.Aku bukan tipe orang yang ambisius. Jangankan cita2. Sudah sejak berpuluh tahun yang lalu, sejak aku merasa sebagai orang dewasa, bermimpi saja aku tidak berani. Betul. Oleh karenanya aku tidak pernah memberi label apakah hidupku sukses atau gagal. Kecuali satu hal,yaitu kreatifitas sebagai komitmen yang selalu mengiringi kehidupanku.
Dalam hal kreatifitas, tahun yl. aku berkeinginan untuk menyelesaikan 2 pekerjaan, yakni Novel Tegalan Bapak dan Kamus Inyong (Kamus khusus Bahasa Tegal).Ternyata dua2nya tidak ada yang selesai. Novel Tegalan Bapak baru selesai bag.I. (Surat saka Bapa). Naskahnya sudah kutawarkan untuk dimuat bersambung di koran lokal,namun ditolak. Ya sudah,daripada aku simpan saja, akan kumasukkan di blog Dari Tegal untuk Sastra Tegalan. Siapa tahu ada yang berkenan membaca novel pertama dalam Bahasa Tegal. Begitu juga Kamus Tegalan. Meski sudah ada penawaran kerjasama dengan Universitas Kyoto Jepang untuk diterbitkan dalam bentuk online multilingual sevice di Internet (http://langrid.org) tapi ingin kurampungkan dulu dan bisa terbit sebagai buku cetak. Sebagian dari Kamus Inyong juga akan kumasukkan di blog Tegal Inyong 2009.
Ya ulang tahunku kali ini juga meriah karena bertepatan Hari Raya Imlek 2560. Juga dirayakan oleh peristiwa alam semesta yang fenomenal, yaitu Gerhana Matahari.
Apa maknanya….? Allah Maha Tahu. Yang penting, di tahun 2009 dan seterusnya , aku masih bisa terus menulis. Paling tidak di website-ku. Itupun kalau kalau aku masih mampu membayar langganan internet……???
(Terimakasih untuk teman2 seniman/sastrawan/penggiat dan pekerja seni serta sahabat2 yang telah mengirimkan ucapan selamat dan memberikan semangat untuk tetap kreatif dan memajukan Sastra Tegalan a.l..Dr.Maufur (Wakil Walikota Tegal),Atmo Tan Sidik,Lanang Setiawan,Swi Erry Santosa,081902441222 (?),Hartono Ch Surya,Diah Setyawati,Apito Lahire,Julis Nur Hussein,Yaskur Tarub, Mamet Bramanti,Ratna Madinah /Sorlem Community,dll),Saunan Rasyeed,081542061150 (?) dll. 26/1/09.

Iklan

About ccvcku

Hadi Utomo,Lahir di Kecamatan Subah ( Kabupaten Batang - Pekalongan) 26 Januari 1939. Sekolah Rakyat dibeberapa tempat,kemudian tamat SMP Negeri Brebes th.1954 dan SMA Bag.B/Negeri di Pekalongan yh.1958. Sempat kuliah di PTP (Perguruan Tinggi Publisistik) di Jakarta th.1960 selama beberapa tahun namun tidak tamat. Bekerja di pelbagai perusahan di Jakarta sampai tahun 1970.Kemudian pindah ke Palimanan (Kab.Cirebon) sebagai petani sampai tahun 1980. Tahun 1980 berpindah ke Tegal berganti profesi dibidang radio siaran swasta sampai sekarang. Sejak di SMA gemar menulis cerpen,puisi dan artikel.Tulisan-tulisannya banyak dimuat dimajalah dan surat kabar a.l.Kisah,Sastra,Horison,Merdeka,Abadi,Berita Minggu,Duta Masyarakat dll). Salah satu cerpennya dimuat di Kumpulan Cerpen Indonesia III (Gramedia ed.Setyagraha Hoerip,1986.Sampai sekarang masih giat menulis dibeberapa media lokal dan mengelola program radio sambil sesekali membuat jingle iklan dan lagu-lagu daerah Tegal. Motto Hidup : Berguna Sampai Tua

Posted on Januari 26, 2009, in Artikel, Uncategorized. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Selamat HUT pak Hadi. Saya salah seorang pengagum Bapak sejak masih siaran di Radio Raka 30 th yang lalu. Sekarang juga saya masih sering mendengar siaran2 Bapak di Pertiwi FM dan Gemilang FM. Juga iklan2 Bapak masih tetap eksis di radio. Bapak layak masuk musium Muri sebagai penyiar tertua dan penyiar di banyak radio.Kapan mengeluarkan album Lagu Tegalan lagi

    • Terimakasih perhatiannya.Seperti yang saya tulis di posting diatas,saya berharap masih bisa terus kreatif.Saya tidak berfikir untuk masuk musium Muri.Saya masih siaran,masih menulis,berkesenian dll. untuk dapat mempertahankan ingatan saya supaya tidak pikun.Terimakasih,salam untuk keluarga Anda.

  2. Assalamu’alaikum,

    Pak Hadi, saya juga sedang berusaha menyelesaikan Novel dalam bahasa tegal saya. Hanya mencoba belajar tulis menulis dan karang mengarang. Tema yang saya angkat adalah tema perang kemerdekaan antara tahun 1945 – 1953, yang terjadi disekitar Tegal, Kabupaten Tegal dan sekitarnya. Terinspirasi oleh cerita-cerita mbah kakung saya, ketika dulu berjuang menjadi anggota Laskar Hisbulloh Fisabililliah.

    Pak Hadi, kira-kira kemana saya harus mencari referensi…?. Saya sudah punya satu buku referensi ‘TEGAL BERJUANG’…..

    Mohon bantuannya pak.

    Wassalam

    • Kebeneran. Lagi bae terbit anyar Novel Tegalan “OREG’ karangane Lanang Setiawan.Themane uga Peristiwa Perjoangan tahun 1947. Bisa diakses nang begawantegal.blogspot.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: