Serba Serbi Bahasa Tegal

Bahasa Tegal Tidak Kasar

Sekali lagi ada penegasan umum  bahwa Bahasa Tegal itu tidak kasar. Dalam karya tulis KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) SMA Negeri I Tegal yang menjuarai lomba karya tulis dalam rangkaian acaera Gebyar Budaya Hima Bahasa dan sastra Indonesia UNES Semarang (Minggu 16/11). Karya tulis mereka brejudul “Globalisasi Bahasa Tegal : Sebuah Kajian Sosiolinguistik Terhadap Bahasa Tegal”.

Menurut teori linguistik sinkronis atau deskriptif oleh BW Aginsky dalam artikel The Importance of Languange Universals di majalah Word, tidak ada bahasa yang primitif,kasar,atau rusak.Setiap bahasa memiliki derajat kerumitan dan keunikan masing2 (Kompas,25/11/2008)

Halus dan kasar sebuah bahasa tergantung : a.siapa penuturnya.Latar belakang  penutur akan berpengaruh terhadap frasa dan pilihan kata.Seorang buruh kasar yang tidak berpendidikan tentu berbeda cara bertuturnya  dengan seorang ulama atau pejabat misalnya. b. konteks dan suasana penuturan.Dalam kontek dakwah,perbincangan resmi,ramaha tamah acara keluarga, tentu berbeda dengan suasana kemarahan yang harus mengeluarkan caci-maki dan kata- kasar (raimu,asu,dobol,bangsèt,mérad,mbadhog dsb)

Barangkali ke”kasar”an bahasa Tegal lebih karena banyaknya kosakata yang menggunakan huruf mati j,g ,dh dan  b.sehingga ketika diucapkan terdengar lebih medhok dan tebal:

gejug,mbonjrot,anjog,jog,rungseb,nglegleg,mlègok,anyeb,mbajor,ngosog,ngoncog, badheg,kejedhag,semineb dsb.***

 

Iklan

About ccvcku

Hadi Utomo,Lahir di Kecamatan Subah ( Kabupaten Batang - Pekalongan) 26 Januari 1939. Sekolah Rakyat dibeberapa tempat,kemudian tamat SMP Negeri Brebes th.1954 dan SMA Bag.B/Negeri di Pekalongan yh.1958. Sempat kuliah di PTP (Perguruan Tinggi Publisistik) di Jakarta th.1960 selama beberapa tahun namun tidak tamat. Bekerja di pelbagai perusahan di Jakarta sampai tahun 1970.Kemudian pindah ke Palimanan (Kab.Cirebon) sebagai petani sampai tahun 1980. Tahun 1980 berpindah ke Tegal berganti profesi dibidang radio siaran swasta sampai sekarang. Sejak di SMA gemar menulis cerpen,puisi dan artikel.Tulisan-tulisannya banyak dimuat dimajalah dan surat kabar a.l.Kisah,Sastra,Horison,Merdeka,Abadi,Berita Minggu,Duta Masyarakat dll). Salah satu cerpennya dimuat di Kumpulan Cerpen Indonesia III (Gramedia ed.Setyagraha Hoerip,1986.Sampai sekarang masih giat menulis dibeberapa media lokal dan mengelola program radio sambil sesekali membuat jingle iklan dan lagu-lagu daerah Tegal. Motto Hidup : Berguna Sampai Tua

Posted on November 26, 2008, in Serba Serbi Bahasa Tegal and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: