Sastra Tegalan Perlu Dukungan Media

Hari Sastra Tegalan yang jatuh pada tanggal 26 Nopember mendatang,akan diperingati oleh Komunitas Seniman Tegal “SORLEM’ dengan Lawatan Budaya ke Semarang (24/11) dan Surakarta (25/11).Dikedua kota tersebut beberapa seniman Tegal akan menampilkan pembacaan puisi dan monolog Tegalan, bertempat di Taman Raden Saleh Semarang dan TBS Taman Budaya Surakarta.M.HadiUtomo (69) sastrawan yang selama ini sangat getol menulis dalam bahasa Tegal mengatakan bahwa Sastra Tegalan meski usianya sudah cukup lama teapi masih membutuhkan pengakuan eksternal.”Masyarakat,pemerintah,dinas kebudayaan dan tokoh2 masyarakat perlu untuk terus menerus menginformasikan keberadaan Sastra Tegalan yang sudah berkembang cukup pesat.Bagi Hadi Utomo lawatan budaya tersebut menegaskan bahwa eksistensi seniman Tegal tetap menjunjung komitmennya untuk terus “menggelorakan”  kreatifitas sastra lokal.Sastra Tegalan kedepan harus mampu menjadi bagian dari Sastra Indonesia seperti sastra di daerah2 lain(Jawa,Sunda,Bali,Riau dll).Sastrawan tidak bisa berjuang sendiri,tetapi harus didukung oleh penerbit,media,pemerintah daerah,pers dll.

Ikut dalam lawatan budaya tersebut para penggiat Sastra Tegalan a.l.Dwi Erry Santoso,Nurhidayat Poso,Nurngudiono,Slamet Ambari,Diah Setiyawati,Bontot Sukandar,Hartono CH Surya,HM Iqbal,Ratna,Igho,Mamet Bramanti dll. (Dikutip dari Harian NIRMALA POS edisi Saptu,22 Nopember 2008)

 

 

 

 

 

Iklan

About ccvcku

Hadi Utomo,Lahir di Kecamatan Subah ( Kabupaten Batang - Pekalongan) 26 Januari 1939. Sekolah Rakyat dibeberapa tempat,kemudian tamat SMP Negeri Brebes th.1954 dan SMA Bag.B/Negeri di Pekalongan yh.1958. Sempat kuliah di PTP (Perguruan Tinggi Publisistik) di Jakarta th.1960 selama beberapa tahun namun tidak tamat. Bekerja di pelbagai perusahan di Jakarta sampai tahun 1970.Kemudian pindah ke Palimanan (Kab.Cirebon) sebagai petani sampai tahun 1980. Tahun 1980 berpindah ke Tegal berganti profesi dibidang radio siaran swasta sampai sekarang. Sejak di SMA gemar menulis cerpen,puisi dan artikel.Tulisan-tulisannya banyak dimuat dimajalah dan surat kabar a.l.Kisah,Sastra,Horison,Merdeka,Abadi,Berita Minggu,Duta Masyarakat dll). Salah satu cerpennya dimuat di Kumpulan Cerpen Indonesia III (Gramedia ed.Setyagraha Hoerip,1986.Sampai sekarang masih giat menulis dibeberapa media lokal dan mengelola program radio sambil sesekali membuat jingle iklan dan lagu-lagu daerah Tegal. Motto Hidup : Berguna Sampai Tua

Posted on November 22, 2008, in Artikel and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: